Categories
Berita

Bagaimana cara merancang situs Web

Web Design Batam –¬†Saya pernah ditanya, “Bagaimana cara merancang situs Web yang sukses?”

Saya sering menjawab, “Apakah Anda tahu cara tercepat untuk merusak desain situs Web baru?” Seperti yang mungkin Anda duga, jawabannya adalah, “Kurangnya perencanaan yang tepat sebelumnya”.

Mari kita katakan dengan cara lain. Dalam pemrograman, ada aksioma lama, yang menyatakan: “Semakin cepat Anda memulai pengkodean, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.”

Merencanakan situs Web Anda sebelum Anda membangunnya sangatlah penting. Untuk meminjam teknik dari industri film, saya sarankan Anda membuat storyboard, yang merupakan jenis diagram alir dari desain situs Web baru Anda. Anda tidak harus menjadi seniman yang ulung untuk menggambar ide Anda, tetapi penting untuk membuatnya di atas kertas terlebih dahulu.

Pada setiap lembar kertas, tujuannya adalah memberikan ruang untuk gambar di bagian atas, ditambah ruang di bawahnya untuk menuliskan informasi. Seperti yang mungkin Anda duga, halaman pertama untuk memulai adalah halaman beranda (atau selamat datang) Anda, yang biasanya memiliki informasi paling banyak karena berisi halaman yang dikunjungi orang sebelum mereka memasuki situs Anda dan saat orang-orang mengunjungi situs Anda, akan menemukan lebih banyak informasi (dalam tingkatan) saat turun.

Biasanya, halaman beranda tertaut ke 5-15 halaman di bawahnya, yang dapat kita sebut sebagai Tingkat 2. Masing-masing halaman tersebut terhubung ke 5-15 halaman lain, yang dapat Anda sebut Tingkat 3.

Jika Anda menggunakan semua halaman ini, Anda akan mendapatkan desain situs Web yang ekstensif, setidaknya 226 halaman (termasuk halaman muka).

Selama proses inilah segala macam masalah akan muncul. Tapi itu jauh lebih mudah untuk menyelesaikannya di atas kertas daripada di tengah-tengah pengkodean daripada ketika Anda selesai … Jika tidak, Anda mungkin mengalami masalah besar di sepanjang jalan yang akan membutuhkan penyelesaian “kembali ke papan gambar” desain ulang situs.

Mengerjakan sesuatu di atas kertas akan memberi Anda gagasan yang jauh lebih baik tentang bagaimana segala sesuatunya akan bekerja dan bagaimana memperbaiki masalah. Dan, jika Anda memiliki teman yang berpengetahuan luas, dapatkan opini kedua. Setelah Anda menyelesaikan proses di atas kertas, dan Anda atau desainer web Anda puas dengan hasilnya, Anda siap untuk menerjemahkannya ke dalam kode.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *